Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Agar Tidak Mundur

156

Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Agar Tidak Mundur – Dalam perjalanan kereta api, terkadang kita berharap agar tak menghadap ke belakang, menjauh dari bayang-bayang masa lalu yang telah berlalu. Namun, seperti kisah hidup yang tak terduga, menentukan kursi di kelas ekonomi agar tak mundur bukanlah tugas yang mudah. Namun, biarlah hati ini membimbing kita pada petunjuk yang berkilauan dari pelbagai sumber. Terimalah nasihat yang ku temukan, dan moga menjadi sumber terang dalam memilih tempat duduk.

Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Agar Tidak Mundur 1
Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Agar Tidak Mundur 1

TikTok, panggung dunia maya yang mempesona, telah membagikan rahasia memilih tempat duduk di kelas ekonomi kereta api. Seorang pengguna TikTok berbagi tip menghindari menghadap ke belakang saat perjalanan kereta. Menurutnya, jika kita bergerak dari barat ke timur, pilihlah kursi mulai dari nomor 12 hingga nomor terakhir agar terbebas dari belakang kereta. Begitu pula sebaliknya. Namun, perlu diingat bahwa pengalaman pribadi tak selalu memberikan jaminan bagi kita semua.

Sebuah video viral di TikTok yang diunggah oleh pengguna bernama @revandhikab juga memberikan tips memilih tempat duduk di kereta agar tak menghadap ke belakang. Tips tersebut mencakup beberapa formula dalam memilih tempat duduk di kelas ekonomi premium. Menurut rumus tersebut, saat perjalanan dari barat ke timur, pilihlah kursi mulai dari nomor 12 hingga nomor terakhir, dan sebaliknya jika berpergian dari timur ke barat. Selain itu, pertimbangkan pula kelas kereta, gunakan nomor kursi ganjil atau genap berdasarkan arah perjalanan, serta bepergian dengan teman untuk bertukar tempat duduk jika diperlukan. Semua ini bertujuan untuk memastikan kita menemukan tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan di perjalanan kereta[[2](https://travel.tempo.co/read/1614954/tips-memilih-kursi-kereta-api

Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi

Menyesuaikan dengan Arah Laju Kereta

Langkah pertama dalam memilih tempat duduk yang ideal adalah mengetahui arah laju kereta api. Sebagai contoh, jika kereta api kita melaju dari barat ke timur, seperti Dharmawangsa yang berangkat dari Stasiun Karawang menuju Stasiun Surabaya Pasar Turi, kita perlu memperhatikan hal ini.

Perhatikan Formasi Kursi

Setiap kereta memiliki formasi kursi yang berbeda. Misalnya, pada kereta Dharmawangsa, terdapat 2 kursi di sebelah kanan dan 3 kursi di sebelah kiri. Dalam situasi ini, ketika kereta berangkat dari barat dan melaju ke timur, pilihlah tempat duduk dengan nomor ganjil seperti 1, 3, 5, dan seterusnya.

Melawan Arus Kereta

Namun, jika kereta melaju ke arah barat, kita perlu memilih tempat duduk dengan nomor genap agar tetap berada pada arah yang benar.

Faktor Formasi Gerbong

Terkadang, gerbong kereta ekonomi memiliki formasi kursi 2-2, berbeda dengan formasi umum yang 2-3. Sebagai contoh, pada kereta Jayabaya, formasi kursinya terdiri dari 2 kursi di sebelah kiri dan 2 kursi di sebelah kanan. Meskipun demikian, cara memilih tempat duduk agar tidak mundur pada gerbong dengan formasi 2-2 hampir sama dengan gerbong 2-3. Tetap perhatikan arah perjalanan kereta, apakah ke barat atau ke timur.

Kondisi Kursi Terbalik

Dalam beberapa kasus tertentu, terkadang posisi gerbong bisa terbalik. Misalnya, dengan tiga tempat duduk di sisi kiri dan dua tempat duduk di sisi kanan, padahal denah kursi di aplikasi KAI Access menunjukkan sebaliknya. Ini adalah situasi yang sering terjadi. Untuk menghindari kebingungan, pilihlah tempat duduk yang berhadapan. Jadi, meskipun kursi yang diperoleh tidak sesuai (menghadap ke belakang), kursi satu lainnya masih sesuai dengan yang diinginkan.

Demikian adalah sejumlah tips dan Cara Memilih Kursi Kereta Ekonomi Agar Tidak Mundur, sehingga perjalanan akan menjadi lebih nyaman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.