Cara Mengecek Kartu BPJS Aktif atau Tidak: Panduan Lengkap

110

Kartu BPJS menjadi salah satu instrumen penting dalam mendapatkan layanan kesehatan di Indonesia. Bagi banyak orang, mengetahui status aktif atau tidaknya kartu BPJS menjadi hal yang penting. Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara lengkap cara mengecek kartu BPJS aktif atau tidak.

Cara Mengecek Kartu BPJS Aktif atau Tidak
Cara Mengecek Kartu BPJS Aktif atau Tidak

1. Mengecek Melalui Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN menjadi salah satu cara paling praktis untuk mengecek status kartu BPJS. Dapat diakses melalui ponsel Android, aplikasi ini menyediakan informasi detail mengenai status keanggotaan Anda.

  • Unduh Aplikasi: Pertama, unduh dan instal aplikasi Mobile JKN dari toko aplikasi ponsel Android Anda.
  • Login atau Daftar: Jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu mendaftar. Jika sudah, masukkan kredensial Anda.
  • Pilih Menu Cek Status: Dalam aplikasi, cari menu untuk mengecek status kartu BPJS dan masukkan nomor BPJS atau NIK Anda.
  • Lihat Hasil: Informasi status kartu BPJS akan ditampilkan dalam aplikasi.

2. Pengecekan Melalui SMS Gateway

Layanan SMS Gateway memungkinkan pengecekan status BPJS dengan cepat dan mudah. Cukup kirim SMS ke nomor khusus, dan Anda akan menerima informasi mengenai status keaktifan kartu BPJS Anda.

  • Ketik SMS: Ketik format SMS khusus (biasanya berisi NIK dan tanggal lahir).
  • Kirim ke Nomor Tertentu: Kirim SMS ke nomor gateway BPJS.
  • Tunggu Balasan: Anda akan menerima balasan SMS yang menginformasikan status kartu BPJS Anda

3. Menghubungi Care Center BPJS

Layanan pelanggan BPJS di nomor 1500400 siap membantu Anda untuk mengetahui status kartu BPJS. Layanan ini tersedia bagi semua peserta BPJS, termasuk PBI, mandiri, dan PPU.

  • Hubungi 1500400: Hubungi nomor layanan pelanggan BPJS.
  • Ikuti Petunjuk: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh operator.
  • Sediakan Informasi: Berikan informasi yang diminta seperti NIK atau nomor BPJS.
  • Dapatkan Informasi Status: Operator akan memberikan informasi mengenai status kartu BPJS Anda

4. WhatsApp PANDAWA atau CHIKA

BPJS Kesehatan menyediakan layanan WhatsApp untuk memudahkan para peserta dalam berbagai keperluan administrasi. Terdapat dua layanan utama yang bisa diakses melalui WhatsApp, yaitu CHIKA (Chat Assistant JKN) dan PANDAWA. Berikut adalah rincian kedua layanan tersebut:

  1. CHIKA (Chat Assistant JKN): Layanan ini bisa diakses melalui nomor WhatsApp 08118750400. CHIKA dapat membantu peserta BPJS Kesehatan dalam berbagai layanan administrasi yang lebih spesifik.
  2. PANDAWA: PANDAWA adalah layanan WhatsApp BPJS Kesehatan yang berfungsi untuk berbagai keperluan administratif, seperti pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, dan perubahan data. Nomor WhatsApp untuk layanan PANDAWA adalah 08118165165.
  • Tambahkan Kontak: Tambahkan nomor WhatsApp PANDAWA atau CHIKA ke kontak Anda.
  • Kirim “Menu”: Kirim kata “Menu” dan ikuti petunjuk.
  • Pilih Opsi Pengecekan Status: Pilih opsi untuk mengecek status kartu BPJS.
  • Masukkan Detail: Masukkan nomor BPJS atau NIK dan tanggal lahir.
  • Lihat Status: Anda akan menerima informasi status melalui WhatsApp
Cara Menggunakan Layanan CHIKA dan PANDAWA:
  • Menggunakan CHIKA: Anda dapat mengirim pesan ke nomor CHIKA 08118750400 melalui WhatsApp. Layanan ini dapat membantu dengan berbagai keperluan yang lebih spesifik.
  • Menggunakan PANDAWA: Untuk mengakses layanan PANDAWA, Anda cukup mengirim pesan ke nomor 08118165165. Layanan ini menyediakan 10 jenis layanan untuk peserta BPJS Kesehatan, termasuk pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, dan perubahan data.
Kategori Peserta:

PANDAWA dan CHIKA dapat diakses oleh berbagai kategori peserta, termasuk PPU, PBPU, dan Warga Negara Asing (foreign nationals). Persyaratan registrasi mungkin berbeda tergantung pada kategori peserta.

Layanan WhatsApp ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk menyediakan berbagai saluran berbasis teknologi untuk memudahkan peserta, termasuk Mobile JKN, situs web, media sosial resmi, Care Center 165, dan layanan tatap muka di kantor untuk keperluan khusus.

Dengan adanya layanan ini, peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia dapat mengakses layanan administratif dengan mudah dan cepat melalui aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel mereka.

5. Mengunjungi Kantor BPJS atau Faskes Tingkat 1

Jika Anda lebih nyaman melakukan pengecekan secara langsung, kantor BPJS dan faskes tingkat 1 selalu terbuka untuk melayani Anda.

6. Media Sosial dan Situs Resmi BPJS

BPJS juga aktif di media sosial dan memiliki situs resmi yang dapat diakses untuk mengecek status kartu BPJS.

7. Pembayaran Tepat Waktu

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kartu BPJS menjadi tidak aktif adalah tunggakan pembayaran. Pastikan untuk selalu membayar iuran tepat waktu.

pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara mengecek status kartu BPJS Kesehatan apakah aktif atau tidak

Apa itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang bertanggung jawab atas penyediaan asuransi kesehatan nasional bagi seluruh warga Indonesia.

Bagaimana cara mengetahui apakah kartu BPJS Kesehatan saya aktif atau tidak?

Anda bisa mengecek status kartu BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, website resmi BPJS Kesehatan, atau menghubungi call center di nomor 165.

Apa yang perlu saya siapkan untuk mengecek status kartu BPJS?

Anda perlu menyediakan nomor kartu BPJS dan data identitas lain yang mungkin dibutuhkan, seperti NIK atau nama lengkap.

Apakah saya bisa mengecek status kartu BPJS Kesehatan orang lain?

Ya, Anda bisa mengecek status kartu BPJS Kesehatan keluarga atau orang lain asalkan Anda memiliki data yang diperlukan seperti nomor kartu dan NIK.

Apa yang harus saya lakukan jika kartu BPJS saya tidak aktif?

Anda bisa menghubungi BPJS Kesehatan melalui layanan pelanggan di nomor 165 atau mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Apakah ada biaya untuk mengecek status kartu BPJS?

Tidak, pengecekan status kartu BPJS Kesehatan biasanya gratis dan bisa dilakukan kapan saja.

Bagaimana jika saya kehilangan kartu BPJS?

Anda bisa menghubungi call center BPJS di nomor 165 atau mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut tentang cara penggantian kartu yang hilang.

Apakah pengecekan status kartu BPJS bisa dilakukan secara online?

Ya, Anda bisa mengecek status kartu BPJS Kesehatan secara online melalui website resmi BPJS atau aplikasi Mobile JKN.

Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami kesulitan dalam mengecek status kartu BPJS?

Anda bisa menghubungi layanan pelanggan BPJS Kesehatan di nomor 165 atau melalui media sosial resmi BPJS untuk mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Mengetahui cara mengecek kartu BPJS aktif atau tidak sangat penting untuk memastikan Anda selalu mendapatkan layanan kesehatan yang optimal. Dengan berbagai metode yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah memastikan bahwa kartu BPJS Anda selalu aktif.

Anda perlu menghubungi BPJS Kesehatan melalui call center atau kantor BPJS terdekat untuk mengetahui prosedur yang harus diikuti untuk mengaktifkan kembali kartu Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.